Our social:

Rabu, 04 Januari 2017

NAVDAR (1) DEFINISI NAVIGASI DARAT


NAVDAR (Navigasi Darat)


google.com


Sebagai penggiat kegiatan alam bebas. Pengetahuan penguasaan medan akan mempermudah kita untuk mencapai tujuan dan target tertentu dalam berkegiatan di alam bebas. pengetahuan tentang medan merupakan sebuah modal yang harus dimiliki, Selain itu penguasaan medan ini juga dapat berguna dalam kegiatan-kegiatan kemanusiaan. Untuk pelaksanaan tugas SAR, evakuasi, dll. Pengetahuan tentang medan ini antara lain meliputi survival, teknik hidup di alam bebas, dan navigasi darat. Selain mungkin ada bebarapa materi pendukung seperti perencanaan perjalanan, kesehatan perjalanan, komunikasi lapangan, pengetahuan geologi, pengetahuan lingkungan, dll.


NAVDAR adalah ilmu praktis. ketrampilan bernavigasi akan mahir jika seiring berlatih pantang menyerah. Pemahaman teori dan konsep hanyalah faktor yang membantu, dan tidak menjamin jika mengetahui teorinya secara lengkap, maka kemampuan navigasinya menjadi mahir. Bahkan seorang jago navigasi yang tidak pernah berlatih dalam jangka waktu lama, dapat mengurangi kepekaannya dalam menerjemahkan tanda-tanda di peta ke medan sebenarnya, atau menerjemahkan tanda-tanda medan ke dalam peta. Untuk itu, latihan sesering mungkin akan membantu kita untuk dapat mengasah kepekaan, dan pada akhirnya navigasi darat yang telah kita pelajari menjadi bermanfaat untuk kita dan orang lain.



DEFINISI
Navigasi Darat adalah suatu tekhnik untuk menentukan kedudukan suatu tempat dan arah lintasan perjalanan secara tepat baik di medan sebenarnya maupun pada peta, ssedangkan personil yang menggunakannya disebut NAVIGATOR. Berkaitan dengan pengertian tersebut, pemahaman tentang kompas dan peta serta cara penggunaannya mutlak harus dikuasai.










www.likido.portfoliobox.net

0 komentar:

Posting Komentar