Our social:

Selasa, 03 Januari 2017

SURVIVAL KIT BAHAYANYA

SURVIVAL KIT DAN BAHAYANYA









Hal yang berbahaya dari survival kit adalah perasaan aman yang ditimbulkannya saat anda membawanya. Saya sering bertemu dengan orang yang merasa percaya diri dan aman saat sudah membawa survival kit di dalam tas nya. Bahkan beberapa orang memilih membawa Survival Tin untuk Militer yang hanya berisi beberapa items yang sangat minimalis. Ketika saya tanya apakah sudah pernah mencoba berlatih menggunakan seluruh isi survival kit nya secara maksimal?, misalnya dengan beberapa hari berada di hutan tanpa membawa apapun selain survival kitnya itu. Hampir semua belum pernah mencobanya. Namun mereka sudah merasa percaya diri dan aman hanya dengan membawa survival kit tersebut di dalam tas nya. Di sini saya melihat suatu peraaan aman yang palsu, karena pada kenyataannya belum tentu orang tersebut mampu menggunakan isi survival kitnya secara maksimal untuk bertahan hidup dalam sebuah situasi survival. Apalagi yang dibawanya adalah survival tin militer yang iusinya sangat minimalis, dan akan semakin mengherankan lagi jika orang tersebut bahkan sama sekali tidak memiliki pengetahuan dan skills survival yang memadai.
Situasi survival bukanlah situasi yang mudah untuk dihadapi, banyak sekali aspek yang harus dipelajari dari mulai yang paling mendasar yaitu pengetahuan tentang Aspek
Psikologi Survival, Prinsip prinsip dasar dan prioritas dalam survival, Kemampuan First Aid, ketrampilan membuat shelter dengan berbagai jenis bahan dari alam, ketrampilan menyalakan api dengan berbagai metode, kemampuan melakukan signaling, mencari air dan memurnikan air, serta ketrampilan membuat berbagai macam trap dan bagaimana menggunakannya untuk mendapatkan makanan, mengenali tumbuh tumbuhan yang dapat di makan, memproses makanan, dan lain lain. Untuk benar benar memeiliki peluang yang sangat besar untuk dapat bertahan hidup dalam sebuah situasi survival di belantara, seseorang harus benar benar memiliki sikap mental yang tepat, pengetahuan yang luas dan ketrampilan yang lengkap. Survival Kit ditujukan untuk hanya sebagai alat bantu untuk mempermudah upaya bertahan hidup dan tentunya seseorang harus terlatih dengan baik untuk menggunakan isi survival kit secara maksimal. Tanpa Sikap Mental, Pengetahuan dan Ketrampilan Survival yang memadai maka sebagus dan selengkap apapun survival kit yang dibawa tidak akan banyak berguna dan tidak akan meningkatkan peluang untuk dapat keluar dari situasi survival dengan tetap sehat jasmani dan rohani. Isi survival kit yang ideal juga harus sesuai dengan tingkat kompetensi survival yang dimiliki.
08 /11/2015
Michael Antony
IN OMNIA PARATIA

0 komentar:

Posting Komentar